Wednesday, June 3, 2009

Menginstall Font Microsoft di Fedora 10

Font Microsoft di Fedora 10 - OpenOffice 3.0

Untuk dapat menginstall Font Microsoft di Fedora 10, pastikkan anda mempunyai paket-paket berikut: (butuh koneksi internet)
- rpm-build
- wget
- cabextract
- ttmkfdir
- chkfontpath
Jika anda tidak mempunyai paket-paket tersebut, install terlebih dahulu menggunakan 'System > Administration > Add/Remove Software atau menggunakan yum: #yum install rpm-build wget cabextract ttmkfdir.
Untuk paket "chkfontpath", download dari sini http://dl.atrpms.net/all/chkfontpath-1.10.1-2.fc10.i386.rpm.

Sesudah menginstall paket-paket tersebut, barulah kita mendownload file "msttcorefonts spec" yang akan dibutuhkan untuk mengunduh font-font yang diperlukan. Download dari sini http://corefonts.sourceforge.net/msttcorefonts-2.0-1.spec.

Jika sudah, buka terminal dan pindah ke directory tempat anda mengunduh file "msttcorefonts-2.0-1.spec". Kemudian ketik perintah #rpmbuild -bb msttcorefonts-2.0-1.spec. (Perintah ini akan mengunduh file font-font yang dibutuhkan dari internet, besar font-font yang diunduh sekitar 8 Megabyte)

Kemudian install file .rpm yang baru saja kita buat. Buka terminal dan login sebagai ROOT, #su. kemudian ketik #rpm -ivh $HOME/rpmbuild/RPMS/noarch/msttcorefonts-2.0-1.noarch.rpm. (Ganti $HOME dengan directory HOME anda, misalnya /home/sebastian)

Sesudah menginstall file .rpm yang kita buat, restart komputer anda.

Sekarang anda dapat menggunakan font Microsoft di desktop Fedora 10 anda.

No comments:

Post a Comment