Wednesday, June 3, 2009

Menggunakan Repository Indonesia di Fedora 10

Sewaktu kita menginstall/mengunduh paket-paket menggunakan yum, kecepatan unduhnya sangat lambat ini disebabkan karena kita mengunduh dari repository Fedora yang terdapat di luar negeri. Untuk mempercepat unduh/install melalui yum, gunakan repository Indonesia. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur agar yum menggunakan Repository Fedora Indonesia:

1. Buka terminal dan jalankan sebagai root, #su. Kemudian ganti directory ke /etc/yum.repos.d/ dan buat file baru dengan nama "fedora.mirror" kemudian buka file tersebut dan isikan dengan:

http://dl2.foss-id.web.id/fedora/releases/10/Everything/i386/os/
Note: Isi diatas bisa juga diganti dengan repository Fedora Indonesia yang lain, lihat dibagian bawah tutorial untuk repository Fedora Indonesia yang lain.
Save dan exit.

2. Kemudian edit file /etc/yum.repos.d/fedora.repo, edit isinya menjadi berikut:
[fedora]
name=Fedora $releasever - $basearch
failovermethod=priority
#baseurl=http://download.fedoraproject.org/pub/fedora/linux/releases/$releasever/Everything/$basearch/os/
mirrorlist=file:///etc/yum.repos.d/fedora.mirror
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=file:///etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-fedora-$basearch
Jika anda perhatikan, mirrorlist-nya kita ganti dari 'http://mirrors.fedoraproject.org/mirrorlist?repo=fedora-$releasever&arch=$basearch' menjadi 'file:///etc/yum.repos.d/fedora.mirror' yang merupakan file yang baru saja kita buat di langkah pertama. Sekarang untuk Software Source "Fedora" akan menggunakan Repository Indonesia.

3. Untuk Software Sources "Fedora-Updates" kita harus membuat satu file di /etc/yum.repos.d/ dengan nama "updates.mirror". Kemudian isikan file tersebut dengan:
http://dl2.foss-id.web.id/fedora/updates/10/i386/
Kemudian Save dan Exit.

4. Sekarang buka "fedora-updates.repo" untuk mengedit file agar menggunakan repository Fedora Indonesia juga, edit isinya menjadi seperti berikut:
[updates]
name=Fedora $releasever - $basearch - Updates
failovermethod=priority
#baseurl=http://download.fedoraproject.org/pub/fedora/linux/updates/$releasever/$basearch/
mirrorlist=file:///etc/yum.repos.d/updates.mirror
enabled=1
gpgcheck=1
gpgkey=file:///etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-fedora-$basearch
Perhatikan disini saya juga mengganti mirrorlist menjadi "file:///etc/yum.repos.d/updates.mirror" yang merupakan file "updates.mirror" yang saya buat tadi. Sekarang, Software Sources "Fedora-Updates" juga menggunakan Repository Fedora Indonesia.

5. Kemudian buka 'System > Administration > Add/Remove Software' kemudian buka menu 'System > Refresh package list', untuk merefresh package list. Sekarang anda sendiri pasti dapat merasakan perubahan kecepatan donwload yang sangat tinggi sewaktu menginstall paket-paket menggunakan yum.

List Repository Fedora Indonesia:
http://fedora.cbn.net.id/
http://dl2.foss-id.web.id/fedora/
ftp://kambing.ui.edu/fedora/

No comments:

Post a Comment