Wednesday, June 3, 2009

Menginstall Driver NVIDIA di Fedora 10 - Acer 4520

Sebelumnya kita telah berhasil menginstall Fedora 10 di Acer 4520 menggunakan Live CD. Tetapi tampilan layar di Desktop Fedora menggunakan Resolution yang sangat rendah dan gambarnya buram karena kita menggunakan driver Vesa (ingat xorg.conf yang kita pindahkan ke directory /etc/X11). Untuk mengganti tampilan ke resolusi yang lebih tinggi dan memperindah tampilan layar di Fedora 10 kita perlu menginstall Driver NVIDIA. Ikuti langkah berikut:
Note: Butuh Koneksi Internet

1. Pertama-tama, unduh dahulu driver NVIDIA untuk Linux dari Homepage NVIDIA Unix: http://www.nvidia.com/object/unix.html. Dalam tutorial ini saya menggunakan Driver versi "177.82".

2. Sesudah mengunduh driver tersebut, kita harus menginstall paket "binutils", "make", "gcc", dan "kernel-devel". Gunakan System > Administration > Add/Remove Software untuk menginstall paket-paket tersebut.

3. Sesudah anda menginstall paket-paket tersebut barulah kita menginstall Driver NVIDIA menggunakan driver yang baru saja kita download. Buka Terminal dan jalankan sebagai 'root', #su. Kemudian ketik #init 4 untuk mematikan xserver dan menjalankan 'console login'. Login sebagai root. Kemudian pindah ke directory tempat anda mengunduh file 'Driver NVIDIA' (NVIDIA-Linux-x86-177.82-pkg1.run). Jalankan Installer Driver NVIDIA menggunakan perintah #sh NVIDIA-Linux-x86-177.82-pkg1.run. Ikuti langkah-langkah yang muncul di layar. Pada saat installer menayakan apakah anda ingin mengunduh kernel dari web NVIDIA, pilih "No". Karena anda tidak mau mengunduh kernel dari web NVIDIA, installer akan mengcompile kernel sendiri, disinilah gunanya kita menginstall paket-paket di langkah ke 2. Setelah selesai, restart komputer.

4. Sekarang anda dapat menggunakan desktop Fedora 10 di Acer 4520 anda dengan resolusi yang tinggi dan tampilan yang indah. Untuk mengaktifkan "Desktop Effect", buka 'System > Preferences > Look and Feel > Desktop Effects' dan pilih "Enable Desktop Effects"

Note: Anda harus menginstall ulang driver NVIDIA setiap kali anda mengupdate "kernel". (Jalankan kembali installer driver NVIDIA)

No comments:

Post a Comment